Duterte Kepada AS: 'Jangan Membuat Kita Anjing Anda'

UPDATE: 25 OKTOBER 2016 15:05 WIB Presiden Filipina Rodrigo Duterte menghidupkan kembali perang kata-kata dengan AS pada hari Selasa, membesarkan dendam lama dan melemparkan dalam beberapa renungan baru terhadap pengaruh AS di negaranya dan wilayah.

Saat memberikan sambutan di bandara Manila sebelum ia berangkat untuk kunjungan resmi ke Jepang, pemimpin kontroversial itu sekali lagi membidik sekutu internasional paling lama hingga berdiri negaranya. Pidatonya dan komentarnya dibuat mengema seminggu yang lalu di Beijing, dimana ia diucapkan akhir dari hubungan negaranya dengan AS, Duterte mengatakan "AS telah kehilangan sekutu Asianya."

Duterte mengatakan bahwa darah buruk meluas kembali ke pemilu negaranya pada bulan Mei tahun ini, yang menang besar di belakang janji bahwa ia akan menindak kejahatan, khususnya kejahatan narkoba.

"Kau tahu aku tidak memulai laga ini. Mereka (AS) mulai itu," katanya, mengacu pada komentar tentang catatan hak asasi manusianya, yang dibuat oleh Duta Besar AS untuk Filipina, Philip Goldberg.

"Mereka mulai itu, kemudian keluar masalah hak asasi manusia(HAM), Departemen Luar Negeri AS, Obama, Uni Eropa. Mereka melakukan padaku. Kemudian mereka berkata, kami akan memotong bantuan kami. Jadi saya berkata kepada mereka, 'bangsat, itu tidak membuat kita menjadi anjing Anda, seolah-olah saya ini anjing dengan tali, dan Anda melemparkan beberapa roti, di mana saya tidak bisa mencapai.'

Kemudian "Kata Duta Besar AS, ini sesuatu yang sangat tidak bagus. Anda seharusnya tidak melakukan itu karena dalam pemilihan negara lain, Anda harus berhati-hati dengan mulut Anda."

• Kesedihan AS atas Duterte

Ini sinyal akhir kerja sama militer dengan AS. Duterte juga memegang sebagainya Perjanjian Kerjasama Pertahanan Enhanced dengan AS (ECDA), yang sebelumnya ia telah menyarankan untuk mengabaikan, dimulai dengan mengakhiri latihan militer bersama. "Saya tidak ingin melihat seorang dari militer negara lain (di Filipina), kecuali tentara Filipina.

"Itulah yang panjang dan pendek itu. Aku ingin sebuah kebijakan yang independen di mana saya tidak perlu menyetujui orang lain."

• Dendam Visa

Dia juga menceritakan kepada penonton dengan cerita mengkritik hubungan visa yang tidak sama negaranya dengan AS dan membantah laporan bahwa ia memegang dendam karena ia pernah menolak visa untuk perjalanan ke AS.

"Pertama kali saya pergi ke AS, ini adalah pertanyaan konsul, mengapa kamu pergi ke AS? Saya mengatakan untuk mengunjungi sang pacar, "Dia bertanya, bagaimana jika Anda memutuskan menikahi pacar Anda dan Anda tidak kembali ke sini? Aku berkata, 'Mr. Konsul, bahkan jika Anda memberikan saya beberapa visa seumur hidup dan bahkan jika Anda memberi saya $ 50.000, aku tidak akan pergi ke sana lagi, saya akan tinggal di Filipina. ' "

• Laut Cina Selatan

Berbicara pada CNN afiliasi TV Asahi hari Senin, Duterte mengatakan bahwa AS telah meremehkan sikapnya di Laut Cina Selatan selama lawatan kunjungan kenegaraan baru-baru ini ke Cina, ia berkata bahwa ia tidak membahas putusan Den Haag pada kasus teritorial kontroversial oleh kekuatan ekonomi terbesar di Asia. "Aku pergi ke sana hanya utuk bersikap baik.

"Suatu hari kita harus segera berbicara tentang penghakiman sewenang-wenang antara (Cina dan Filipina). Dia menambahkan bahwa itu adalah masalah multilateral dan "partisipasi Jepang, Indonesia, bahkan mungkin mungkin Australia. " Dia berkata bahwa dia telah berjanji Menteri Luar Negeri-nya, Perfecto Yasay, untuk tidak berbicara lagi, tapi ia berkata telah berubah pikiran setelah membaca koran hari ini.

Mengangkat satu kertas, ia membaca judul: "laporan Duterte menyebabkan tekanan untuk dunia bisnis." "Jadi harus meninggalkan!" katanya, juga menambahkan Filipina akan bertahan hidup tanpa investor asing dan mual tentang retorika bullish-nya.

Comments

Popular Posts