13 Kode Rahasia Membuka Fitur Tersembunyi Di Ponsel Anda

News Portals: 19:16 WIB

Protokol USSD dapat memungkinkan Anda mengakses fitur tersembunyi yang tidak Anda ketahui langsung dari dialer ponsel cerdas Anda. Tapi ada beberapa rahasia yang perlu Anda ketahui.

Ingat adegan di Game Perang ketika kode kuki yang rusak secara sosial menjelaskan kepada calon hacker Matthew Broderick tentang "pintu belakang" (yaitu jalur rahasia yang ditanam oleh pemrogram)? Nah, itu sebenarnya benar.

Coders memiliki tradisi memanggang kue di lorong rahasia (atau kadang-kadang, telur Paskah kecil yang menyenangkan) yang hanya bisa diakses dengan memasukkan "kunci" khusus. Dan tradisi itu berlanjut di era mobile.

Unstructured Supplementary Service Data (USSD) kadang dikenal sebagai "kode cepat" atau "kode fitur" adalah protokol ekstra UI, yang memungkinkan orang mengakses fitur tersembunyi. Protokol ini awalnya dibuat untuk telepon GSM, namun dapat ditemukan pada perangkat CDMA juga (jika itu adalah kumpulan akronim omong kosong untuk Anda, berikut adalah primer yang cepat ).

Ini backchannel publik yang tersedia memungkinkan pengguna untuk langsung berkomunikasi dengan komputer penyedia layanan mereka dan atau mengakses fitur back-end di perangkat mereka. Mereka diakses dengan memasukkannya ke dalam telepon dialer (layar yang Anda gunakan untuk memulai panggilan telepon) dan biasanya dimulai dan diakhiri dengan tombol * atau # dengan urutan angka di antaranya (ada kemungkinan nol dari kemungkinan orang akan Sengaja mengaksesnya).

Mereka tidak terlalu praktis. Kebanyakan orang tidak benar-benar perlu tahu bagaimana menara seluler lokal mereka berkinerja atau berapa nomor IMEI mereka (lebih banyak lagi nanti). Tetap saja, sangat menyenangkan untuk bermain-main dan melihat fungsi tak terduga yang disembunyikan telepon Anda di bawah permukaan.

Kami akan senang memberi Anda daftar lengkap lusinan kode di luar sana, tapi itu akan menjadi latihan sia-sia. Kode-kode ini jarang bekerja di berbagai operator, OS, atau model telepon yang berbeda (atau bahkan pada generasi model yang sama).

Jika Anda benar-benar ingin mencobanya, taruhan terbaik Anda mungkin ditujukan ke Google untuk membuat dan memberi + 'USSD' ponsel Anda untuk daftar komprehensif dan disesuaikan.

Saya mencoba sejumlah kode menggunakan iPhone SE (Saat menjual kartu SIM banyak) di samping Galaxy S5 dan Galasy S7 Edge yang berjalan di AT & T.

Berikut ini beberapa dari slideshow untuk 13 kode yang dapat saya konfirmasikan bekerja pada setidaknya 1 perangkat;

1. Kode Mode Lapangan: * 3001 # 12345 # * Ketik * 3001 # 12345 # *

Tekan tombol panggil hijau untuk mengakses "Field Mode," yang dapat memberi Anda akses ke info tentang jaringan lokal dan menara sel. Anda mungkin tidak akan pernah tahu tentang "RSSi terukur" di sel lokal Anda, tapi sangat menyenangkan untuk melihat-lihat sebentar.

2. Kode General Test Mode: * # 0 * #

Saya hanya bisa melakukan ini untuk bekerja di Android. Tapi ini meminta perpustakaan operasi telepon yang berbeda, yang bisa dioperasikan dengan satu dorongan (misalnya Sleep, Front Cam, Getaran).

3 . Kode Tampilkan IMEI Anda: * # 06 #

Inilah kode yang saya temukan tidak bekerja dengan Verizon di iPhone, tapi saya bisa membuatnya bekerja setelah beralih ke SIM T-Mobile. Ini juga bekerja pada perangkat Android AT & T saya juga. Untuk mengaksesnya, ketik kode di atas, lalu tombol panggil hijau untuk meminta nomor IMEI Anda (atau nomor Perlengkapan Perangkat Mobile International Identity Anda, tapi Anda sudah tahu itu). IMEI unik untuk perangkat Anda. Antara lain, jumlahnya bisa membantu "blacklist" perangkat curian atau bantuan dengan dukungan pelanggan.

4 . Kode Periksa Penerusan Panggilan Anda: * # 67 #

Kode ini memungkinkan Anda untuk memeriksa nomor telepon yang sedang Anda hubungi saat Anda sibuk atau menolak panggilan. Secara default, ini mungkin layanan voicemail operator Anda, namun Anda dapat mengubahnya untuk meneruskan ke nomor yang berbeda (nomor telepon rumah, nomor kantor, atau layanan penjawab pihak ketiga misalnya). Pada iPhone, Anda dapat mengubah nomor ini dengan membuka Pengaturan> Telepon> Penerusan Panggilan. Di Android (bervariasi dari satu sistem ke sistem lainnya), ketuk ikon aplikasi Telepon> hamburger> Setelan> Panggilan> Setelan Lainnya> Penerusan panggilan

5. Kode Dapatkan Info yang Lebih Baik lagi di Call Forwarding: * # 61 #

Di ponsel Galaxy saya, kode ini memicu pop-up yang memberi tahu saya berapa lama sampai sebuah panggilan diteruskan ke pusat pesan. Di iPhone, terlepas dari carrier, kode ini hanya menunjukkan info yang sama dengan * # 67 # .

6. Kode Periksa Menit yang Tersedia: * 646 #

Ternyata yang ini hanya bekerja pada rencana pasca bayar. Saya tidak dapat menggunakannya untuk menguji iPhone saya (terlepas dari carrier, saya mencoba tiga), tapi saya berhasmelakukannya di ponsel Galaxy saya (yang kebetulan memiliki paket SMS tak terbatas dari AT & T). Alih-alih menampilkan info di layar baru, alih-alih menampilkan info di layar baru, telepon saya mengirim pesan teks.

7. Kode Periksa Saldo Tagihan Anda: * 225 #

Sekali lagi, saya tidak bisa mendapatkan yang ini untuk mengerjakan iPhone, tapi di Android saya mendapatkannya untuk meminta pesan SMS dengan saldo saya saat ini.

8. Kode Sembunyikan Telepon Anda Dari Caller ID: # 31 #

Saya hanya bisa melakukan ini untuk bekerja di Android. Tapi memasukkan kode ini memicu munculan yang menyatakan bahwa ID Pemanggil saya telah dinonaktifkan. Untuk memasang kembali Caller ID, masukkan * 31 #.

9. Kode Periksa Siklus Penagihan Anda: * 3282 #

Sekali lagi, saya hanya bisa melakukan ini untuk bekerja di Android. Ini memicu pesan SMS dengan info tagihan saya.

10. Kode Pusat Pesan SMS: * 5005 * 7672 #

Kode ini memberitahukan nomor pusat pesan SMS Anda. Saya tidak tahu mengapa Anda memerlukan info itu, tapi begitulah.

11. Kode Aktifkan Call Waiting: * 43 #

Kode ini akan mengaktifkan panggilan tunggu; Anda dapat menonaktifkannya dengan memasukkan # 43 #.

12. Kode Quick Test Menu (Hanya Samsung Galaxy) * # 7353 #

Sejauh yang saya tahu, kode ini hanya bekerja pada model Samsung Galaxy (saya mengujinya pada Galaxy S7 Edge saya). Ini mirip dengan mode Uji Umum yang disebutkan sebelumnya, karena menampilkan menu dengan sejumlah permintaan uji satu ketuk. Tes pertama adalah "Melody," yang mendorong K-Pop kecil yang ceria. Saya tidak tahu siapa artisnya (ini un- Shazammable!), Namun pencarian lirik tersebut mengarahkan saya ke klip YouTube ini , dengan judul yang diterjemahkan menjadi "level dasar Samsung Anycall Galaxy - Hey Now (selamat tinggal)."

13. Kode Firmware (Hanya Samsung Galaxy) * # 1234 #

Sekali lagi, sejauh yang saya tahu, ini hanya bekerja pada perangkat Galaxy. Tapi itu akan membiarkan Anda mengetahui firmware telepon Anda saat ini.

Semoga berhasil dan selamat bersenang-senang!

Comments

Popular Posts